Minggu, 17 Maret 2013

3 Makanan Pencegah Sakit Jantung

Halo sob... smoga sehat selalu ya...

Kali ini kita akan bahas tentang 3 makanan yang bermanfaat buat jantung kita. Kita ketahui bersama ya sob penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian walaupun penyakit ini ga menular. Semua orang punya resiko yang sama untuk penyakit ini, terutama ni sob yang punya gaya hidup yang buruk alias kurang sehat. Tapi tenang sob Alloh menciptakan penyakit udah lengkap sama obatnya. Pencegahan terhadap penyakit jantung adalah hal yang bisa kita lakukan saat ini sob.

Ada sebuah penelitian dari Eastern Finland University yang menyebutkan bahwa dari sample 1.031 orang yang diteliti, 194 orang diantaranya mengalami serangan jantung. Orang yang mengalami serangan jantung tersebut umumnya memiliki kadar lycopene dan beta karoten yang rendah dalam darahnya.

Nah terus sob para peneliti tadi menyarankan untuk meningkatkan asupan nutrisi tersebut agar terhindar dari penyakit jantung. Lycopene dan beta karoten itu sob dapat kita peroleh dari suplemen atau secara alami dari makanan yang kaya nutrisi tadi sob.

Nah ini dia sob 3 makanan yang banyak mengandung nutrisi pelindung untuk penyakit kardiovaskular :


1. Tomat
Tomat kaya akan lycopene, nah tapi sob ada fakta yang agak aneh ni. Kalo tomat dimakan dalam keadaan mentah kandungan lycopene-nya ngga sebanyak ketika tomat dimakan dalam keadaan matang sob, contohnya dimasukan kedalam sayur.


2. Wortel
wortel ternyata mengandung beta karoten dan alpha karoten. Ada sebuah study di Belanda yang dilakukan selama 10 tahun (lama banget ya sob :D) mengamati bagaimana pengaruh konsumsi wortel terhadap penyakit kardiovaskular. Penelitian tersebut menyimpulkan sob bahwa makanan yang berwarna kuning dan oranye, terutama wortel dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung.
Wortel dapat dinikmati dalam berbagai cara seperti dijadikan campuran salad atau dijus agar kita dapat memperoleh manfaat dari wortel untuk melindungi dari penyakit jantung.

3. Ubi Jalar
Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang kurang familiar ato jarang kita dengar ya sob dan malah sering kita ga tau apaan tuh ubi jalar? :D taunya mah Ubi Goreng Melepuh khas bandung :D itu mah favorit ane sob. Well balik lagi ya ubi jalar ini ternyata kaya akan gizi terutama untuk kandungan beta karten yang cukup tinggi sehingga baik untuk jantung kita. nah soal cara makan ubi jalar sobat bisa menikmatinya dengan berbagai cara ya sesuai selera sobat semua.

Okey selain konsumsi ketiga makanan tersebut kita juga harus memperhatikan gaya hidup kita agar selalu sehat. Kalo sobat pengen tau gaya hidup yang sehat itu seperti apa? contoh aja gaya Hidup Rasululloh Muhammad SAW dijamin dah sobat semua bakal sehat, ga cuma sehat badannya doang tapi hatinya juga sehat. Sobat tau donk selama hidupnya Nabi Muhammad cuma sakit 2 kali aja mantep kan tuh... nah kalo taun ini sobat udah berapa kali sakit ato pergi ke dokter? :D

Smoga bermanfaat. 
 
search by: http://www.albiru.com/2013/01/3-makanan-pencegah-sakit-jantung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar